Mengulik Lebih Dalam Tentang Kardus Box, Cuma Di Sini!

Kardus Box

Siapa yang tidak mengenal kemasan kardus atau karton box? Dalam kegiatan rumah tangga pasti sudah tidak asing lagi. Kardus ini salah satu fungsi utamanya tentu untuk pengemasan suatu barang sebelum dikirim dan dipasarkan.

Meski demikian, belum banyak yang tau lho tentang sejarah awal dibuatnya kardus box serta istilah-istilah di dalamnya. Seperti apa sih fakta menarik sejarah munculnya karton box ini? Yuk kita simak bersama paparannya berikut ini!

Histori kemunculan karton box atau kardus, simak di sini!

Asal mula dibuatnya packaging kardus diawali pada tahun 1874, saat itu ada seorang Amerika bernama Oliver Long yang mampu menambahkan kertas liner pada karton bergelombang yang pada akhirnya dikenal sebagai single face. Penemuan ini kemudian dipatenkan olehnya. Selanjutnya di tahun yang sama, G. Smith berhasil menyempurnakan temuan Oliver Long dengan menambahkan 2 lapisan liner di permukaan atas dan bawah dari kertas bergelombang tersebut yang kemudian diberi nama corrugated board atau karton bergelombang.

Kemudian di tahun 1881, diciptakanlah mesin yang dapat membuat single face. Industri karton bergelombang ini lalu meluas sampai ke Eropa. Mulai dari Inggris pada tahun 1883, diikuti oleh Jerman tahun 1886 dan disusul Perancis pada tahun 1888. Kotak karton bergelombang ini dikembangkan oleh seorang tukang ledeng Robert Gair pada usia 14 tahun Jersey.

Akhirnya pada tahun 1879, Robert Gair mengajukan paten. Dalam paten tersebut juga dijelaskan mengenai cara pemotongan, alat potongnya serta proses creasing atau pelipatannya. Selain itu, terdapat juga beberpa sketsa perihal proses potong serta creasing tersebut sehingga karton dapat dibentuk untuk menjadi satu kotak.

Nah ada beberapa istilah awam yang perlu anda ketahui di sini, tentang proses tersebut dari awal sampai akhir. Apakah itu?

Istilah dalam karton atau kardus box

  • Creasing

Kata ini berasal dari bahasa Inggris crease yang berarti melipat atau lipatan. Dalam istilah karton box, creasing adalah cikal bakal lipatan yang berupa cekungan atau garis yang membentuk suatu pola untuk memudahkan proses melipat.

  • Slot

Slot adalah lubang atau garis-garis yang memotong serta memisahkan antar tutup kardus dari tiap-tiap sisinya.

  • Flap

Flap adalah istilah untuk penutup pada kemasan kardus.

Nah itu dia sobat Jaya, sejarah kardus box, selain itu karton box akan terlihat lebih ciamik, keren, dan professional jika anda mencetaknya dengan logo usaha anda.

Mau cetak packaging box? JAPRI aja! Semoga bermanfaat sobat!

2 respons untuk ‘Mengulik Lebih Dalam Tentang Kardus Box, Cuma Di Sini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s