Jenis-jenis Kemasan yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Kemasan

Jenis-jenis kemasan produk memang banyak sekali, namun tahukah anda? Kemasan atau packaging yang dirancang dengan baik akan dapat membangun ekuitas merk serta mendorong laju penjualan. Karena itu, kemasan ialah bagian pertama dari produk yang mampu menarik atau sebaliknya akan membuat calon pembeli menyingkir.

Lalu, apa saja sih jenis-jenis kemasan yang seyogyanya diketahui oleh para pelaku usaha? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini!

Ketahui ragam kemasan beserta definisinya, di sini!

Jenis-jenis kemasan terbagi menjadi beberapa yang didasarkan pada fungsi serta pemakaiannya. Seperti di bawah ini:

Berdasarkan struktur isi

Terdapat 3 macam kemasan produk berdasarkan struktur isinya yaitu sebagai berikut:

  • Kemasan Primer

Yaitu kemasan langsung yang mewadahi produk terutama pangan seperti kaleng susu, botol minuman, dan lain-lain.

  • Kemasan Sekunder

Kemasan yang fungsi utamanya melindungi kemasan lainnya atau isinya yang berupa kemasan pula, seperti karton untuk wadah susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan dan lain sebagainya.

  • Kemasan Tersier dan Kuarter

Kemasan untuk menyimpan, pengiriman ataupun identifikasi. Pada umumnya digunakan sebagai pelindung selama proses pengangkutan dan atau pengiriman.

Bahan dasar packaging

Hampir semua bahan yang digunakan untuk membuat kemasan pasti akan sangat berpengaruh terhadap desain dan bentuk kemasan serta terhadap produk yang dikemas, oleh karena itu bahan pembuat   kemasan dibagi menjadi beberapa jenis bahan kemasan yaitu sebagai berikut:

  • Beling atau kaca

Kemasan yang terbuat dari gelas atau beling ini mudah pecah dan transparan sehingga tidak cocok untuk produk yang tidak tahan sinar ultra violet.

  • Metal

Biasanya terbuat dari alumunium. Kemasan dari logam ini memang mempunyai kekuatan yang sangat baik sehingga cocok untuk mengemas produk yang membutuhkan tekanan udara yang cukup.

  • Kertas, karton, atau kardus

Kemasan dari kertas ini tidak tahan air sejingga mudah rusak, jadi tidak cocok untuk produk-produk yang berbahan dasar cairan.

  • Plastik

Kemasan ini dapat berbentuk kantung, wadah dan lainnya. Penggunaan bahan plastik sebagai kemasan semakin luas karena ongkos produksinya lebih murah, serta mudah dibentuk dan dimodifikasi.

So, itu di sobat jaya, beberapa jenis serta ragam kemasan produk yang patut anda ketahui. Ingin desain lebih oke dan keren? Kami siap membantu anda, JAPRI aja! Semoga bermanfaat ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s