Di Rumah Saja, Lakukan Kegiatan Berikut Ini Agar Tetap Waras!

Cute young mom freelancer works at home at the computer. Thinks of work and home affairs. Under the table, a child reads a book. On the table lies a cute cat. Illustration isolated on white background

Sejak Indonesia terjangkit virus covid, pemerintah mulai menyerukan segala aktifitas seperti bekerja, belajar dan beribadah dilakukan dari rumah, selanjutnya banyak perusahaan yang akhirnya merespon imbauan tersebut dengan menerapkan sistem Work From Home (WFH). Selang tiga minggu sejak imbauan bekerja dari rumah dilontarkan, pastinya rasa bosan mulai melanda khususnya bagi ibu bekerja yang merangkap sebagai ibu rumah tangga.

Memang, saat awal diterapkannya work from home, kita merasa gembira karena hal tersebut merupakan sebuah kemewahan, mereka tidak perlu berdesakan di kendaraan umum, dan tidak perlu mengeluarkan ongkos, selain itu juga bisa bekerja dengan waktu fleksibel.

Akan tetapi, menjalaninya terus menerus selama lebih dari tiga pekan, tentu saja membuat sebagian orang mulai merasa jenuh dan muak. Terlebih jika kita hanya berkutat dengan orang dan tempat yang sama setiap harinya.

Nah, bagaimana ya caranya agar kita yang menjalani WFH ini tidak bosan? Sebenarnya ada banyak tips untuk dilakukan agar kita tetap waras bekerja dari rumah lho! Seperti apa sih? Yuk simak paparannya berikut ini!

Work from home, anti jenuh dan muak dengan aktifitas berikut ini!

Bekerja dari rumah juga tetap harus disiplin agar pekerjaanmu tidak terbengkalai. Meski bisa bangun lebih siang, disarankan agar tetap bangun pagi seperti biasa. Selain itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak muak dengan aktifitas di rumah saja. Yuk kita bahas satu persatu!

  • Jangan lupakan sarapan dan makan siang yang teratur

Meski tidak bekerja di luar rumah, kamu tidak boleh melupakan urusan sarapan lho! Karena tubuh juga akan beraktifitas seperti biasa, minum kopi atau teh hangat di pagi hari juga akan membuat mood kamu menjadi lebih cerah. Pastikan juga waktu makan siangmu di waktu yang tepat ya! Ingat! Jangan sampai lupa makan karena akan berdampak pada kesehatanmu.

  • Buat ruang kerja khusus

Meski bekerja di rumah menyenangkan karena bisa bekerja di ruangan manapun, akan lebih baik jikan kamu memiliki ruang kerja khusus, atau wilayah kerja agar tidak saling mengganggu dengan anggota keluarga yang lain.

  • Gunakan pakaian yang nyaman tapi jangan baju tidur

Meski terasa nyaman menggunakan baju tidur, akan lebih baik kalau kamu menggunakan pakaian harian yang santai dan nyaman. Karena tanpa disadari baju tidur atau piyama akan membuatmu ingin terus bermalas-malasan sepanjang hari.

  • Biasakan berolahraga

Meski di rumah saja, kamu justru perlu berolahraga agar stamina tetap terjaga. Lakukan olahraga ringan yang selama 15 menit setiap hari agar membuat tubuhmu tetap bugar. Bisa juga dengan berjalan kaki, senam ringan, skipping, push up, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.

  • Bekerja sambil mendengarkan musik oke juga!

Berdasarkan hasil studi Jurnal Psikologi, iringan musik dapat merubah mood seseorang. Mendengarkan musik ceria juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dan santai. Buat kamu yang tidak bisa fokus bekerja sambil mendengarkan musik, bisa dilakukan diluar jam kerja ya!

  • Usahakan duduk dengan posisi yang benar

Saat work from home, posisi bekerja jadi lebih bebas. Namun, sebaiknya kamu tetap bekerja dengan posisi duduk seperti sedang bekerja di kantor, yaitu dengan kursi dan meja. Jika tidak ada meja kerja bisa menggunakan meja dan kursi makan atau ruang tamu.

Walaupun awalnya lebih nyaman bekerja sambil berbaring atau tengkurap, namun jika dilakukan secara terus menerus dan terlalu lama dapat meningkatkan risiko sakit punggung, leher, dan atau bahu. Sebab, otot-otot di bagian tersebut akan menjadi kaku. Akan lebih baik jika kamu rutin berdiri, berjalan atau melakukan peregangan paling tidak satu atau dua jam sekali setiap hari.

  • Batasi dan bijaklah memilih cemilan yang dikonsumsi

Siapa yang tidak tahan akan godaan camilan yang gurih dan manis? Nah saat-saat seperti ini memang cenderung lebih besar keinginan untuk ngemil selama menjalani bekerja dari rumah. Namun, akan lebih baik jika kamu tetap membatasi konsumsi camilan, terutama yang tinggi kalori dan gula, agar berat badan tetap terkontrol.

Tipsnya, jika kamu sering merasa lapar di tengah bekerja, gantilah camilan yang mengandung msg dengan yang sehat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, yoghurt, atau produk olahan susu lainnya yang rendah lemak. Selain dapat mengatasi rasa lapar, camilan jenis ini juga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuhmu lho!

  • Jangan lupakan kontak sosial

Walaupun kamu sedang berada di tengah kenyamanan dalam rumah, lama-kelamaan pasti aka nada saatnya kamu merasa bosan dan kesepian. Wajar saja, ini semua dikarenakan interaksi sosial kamu saat bekerja di rumah tentunya akan menjadi lebih sedikit dan terbatas dibandingkan saat bekerja di kantor.

Terlebih lagi, berita-berita tentang wabah yang kamu lihat di televisi ataupun media sosial bisa membuat hatimu resah dan gelisah. Kamu perlu berhati-hati karena hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan mentalkamu lho! So, di saat seperti ini, kamu memang membutuhkan dukungan dan interaksi dengan orang-orang terdekat untuk memperbaiki mood.

  • Batasi dan bijaklah dalam mencerna berita dan media sosial

Paparan berita dari media sosial tentang pandemi Covid ini juga dapat berdampak pada kesehatan jiwa kamu. Apalagi kalau kamu adalah tipe yang memiliki rasa cemas dan panik berlebihan. Maka dari itu, bijaklah dalam mencerna berita darimanapun terutama media sosial. Selain itu dianjurkan untuk membuka media sosial atau portal berita lainnya hanya sekali atau dua kali dalam sehari itupun usahakan berasala dari sumber informasi atau berita online maupun offline yang terpercaya. Jangan sampai media sosial menjadi benalu atau bahkan mengganggu pikiran kamu dan membuat hari-harimu menjadi tidak produktif.

  • Jangan lupa me time atau menyalurkan bakat dan hobby

Di situasi seperti sekarang ini kamuperlu memiliki teknik tersendiri agar bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal tersebut bisa dengan cara menyalurkan hobby serta tidak meninggalkan me time atau waktu untuk menyendiri, terutama saat pembagian tugas dengan pasangan bagi yang sudah menikah.

Jangan lupa menyelipkan waktu me time, yang dilakukan masing-masing dan bukan berpasangan. Dari 24 jam itu, bisa dicoba mengatur waktu sendiri minimal setiap hari 15-30 menit. Hal ini membutuhkan kerja sama dan kesepakatan antar pasangan terutama yang telah memiliki anak.

  • Mencoba resep masakan baru yang tentunya menyehatkan

Agar daya tahan tubuh dan kesehatanmu tetap terjaga selama wfh, konsumsilah makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang seimbang, yaitu protein hewani, protein nabati, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin.

Dengan waktu di rumah yang lebih banyak ini, kamu juga bisa lebih sering berkreasi dalam memasak. Cobalah beragam resep masakan baru sehingga menu di rumah akan bervariasi dan kamu serta keluarga menjadi tidak cepat bosan.

Selain itu, meski tidak adanya batasan waktu seperti di kantor, sebisa mungkin tetap jaga jadwal makanmu seperti biasa untuk menghindari berbagai masalah pencernaan, seperti asam lambung dan maag yang tidak diinginkan.

  • Hubungi keluarga yang sedang jauh

Jika kamu sudah hidup berpisah dari keluarga inti, ada baiknya saling bertelepon ataupun video call dengan mereka yang hidup berjauhan dengan kamu. Ini akan membuat kamu menjadi senang karena telah melepas rindu serta mencegah kebosanan.

Nah, itu dia salah satu cara mengendalikan rasa jenuh dalam ber-social distancing dan work from home. Semoga artikel ini bermanfaat ya guys! Cetak online? JAPRI aja!

Tinggalkan komentar