Masker Kain Mencegah Penularan Virus, Dijamin Aman Untuk Segala Usia!

sumber : google.com

Seperti yang sudah kita ketahui, virus corona mewabah di Indonesia sejak Maret lalu, untuk itu, masyarakat dituntut untuk menjaga kebersihan diri serta mendukung aksi social distancing atau pembatasan jarak untuk memutus penyebaran virus tersebut.

Namun demikian, pandemik ini justru menyebabkan masyarakat serentak melalukan aksi panic buying atau membeli barang-barang secara berlebihan sehingga menyebabkan kelangkaan barang-barang yang justru sangat penting salah satunya masker medis yang kini harganya semakin melonjak drastis, maka dari itu akhirnya banyak yang memilih menggunakan alternatif masker yang terbuat dari bahan kain.

Tentu saja kondisi tersebut sudah sangat dipertimbangkan bahkan telah ditelusuri oleh para ahli kesehatan se-efektif apa penggunaan masker kain untuk membantu mencegah penularan virus corona. Lalu sebesar apa manfaat menggunakan masker kain non medis? Yuk kita simak artikel ini sampai selesai.

Manfaat masker kain untuk memutus rantai penularan virus, cek di sini!

Masker kain justru kini sangat mudah dijumpai dan memiliki harga yang masih terjangkau, serta dapat dicuci dan dipakai berulang sehingga ditengarai dapat menghemat pengeluaran, juga dinilai lebih praktis dan ekonomis.

Melihat fenomena penggunaan masker kain saat ini maka kami akan mengulik keuntungan menggunakan masker berbahan kain. So, simak penjelasannya berikut ini!

  • Masker Kain Berfungsi Sebagai Penahan Droplet

Sampai saat ini masih banyak yang meragukan efektivitas dari masker kain, padahal ternyata masker ini memiliki fungsi yang sama dengan masker bedah medis lho yakni mampu menahan penyebaran droplet. Ya seperti yang kita ketahui bahwa droplet atau percikan air ludah tersebut merupakan sumber utama penularan virus karena dapat berpindah dari orang sakit ke orang sehat.

Nah masker kain memang mampu menahan droplet akan tetapi penggunaannya memiliki rambu-rambu tertentu. Salah satunya adalah dianjurkan untuk tidak memakai masker ini lebih dari 12 jam dan harus segera menggantinya, maka kepada para pengguna masker kain disarankan memiliki beberapa stok agar dapat dicuci dan diganti kembali.

  • Lebih Praktis dan Juga Terjangkau

Penggunaan masker kain kini dinilai lebih praktis dan terjangkau dari segi ekonomi. Karena masker dari bahan ini dapat dicuci dan digunakan kembali secara berulang-ulang. Selain itu juga mengurangi volume sampah karena tidak hanya sekali pakai langsung buang.

Selanjutnya, kenapa dinilai lebih terjangkau? Tentu dari segi ekonomisnya dibandingkan masker bedah yang saat ini harganya bisa mencapai 10.000 per buahnya. Selain harganya terjangkau, masker ini juga mudah ditemui dan dibuat oleh kita.

  • Cukup Efektif

Berdasarkan sebuah penelitian di Cambridge pada 2013 menemukan bahwa bahan kain masker non-medis cukup efektif menahan penularan virus. Meski masker bedah efektif melindungi para penggunanya hingga 97%, bahan kain sejenis lap yang digunakan sebagai bahan pembuat masker efektif hingga 83% apabila digunakan hanya satu lapis. Namun jika ditambahkan menjadi dua lapis, efektifitasnya bahkan hampir menyamai masker medis yaitu mencapai 93%.

Sementera itu, jika terbuat dari bahan katun satu lapis memiliki efektifitas hingga 69%. Namun, jika dibuat menjadi dua lapis bisa naik hingga 71% bahkan saat ini banyak penjahit yang memproduksi masker kain berbahan dasar katun ini dengan tiga lapisan dan disinyalir dapat melindungi hingga 84%. Sosialisasi penggunaan masker kain pada masyarakat ini memang merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlindungan diri sendiri, serta keluarganya.

Nah itulah dia beberapa manfaat dari penggunaan masker non medis yang saat ini banyak dicari oleh masyarakat. Jika kamu mencari masker yang cocok dengan penggunaan sehari-hari, kami Jaya Print menyediakan masker kain jenis khusus lho! Yuk di simak videonya berikut ini. Silakan hubungi kami di sini untuk pemesanan masker non medis ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s